Akademis dan Ilmuwan Akan Menyunting Artikel Wikipedia


itahnews -  Wikipedia sebagai salah satu situs yang sering dikunjungi oleh netizen memang kaya akan informasi. Perannya sungguh besar, menjadi ensiklopedia digital yang bebas diakses oleh siapapun. Belakangan para pengelola situs ini berniat menggaet para ilmuwan untuk terlibat dalam pengembangan konten.

Semua artikel di Wikipedia sifatnya bisa disunting oleh siapapun, khususnya yang menjadi anggota atau relawan. Hal ini dipandang oleh akademisi dan ilmuwan sebagai hal yang perlu diperhatikan.

Pada sebuah pertemuan di London, Inggris, beberapa waktu lalu, para editor berbicara kepada para ilmuwan untuk turut membantu menjembatani celah antara ensiklopedia online dan komunitas riset.

"Banyak akademisi memandang sebelah mata karena Wikipedia bisa disunting semua orang. Agak 'liar'. Tapi Wikipedia adalah sebuah komunitas dari pecinta pengetahuan yang peduli soal kebenaran dari fakta," ucap Martin Poulter selaku pemandu acara, mengutip Nature.com.

Kemudian Poulter mengumpulkan para ilmuwan, akademisi, dan penerbit, yang belum pernah melakukan penyuntingan di Wikipedia pada perhelatan Wikipedia Science Conference di London.

Dari pihak Wikipedia sendiri membutuhkan bantuan ilmuwan dan akademisi yang memang ahli dalam bidangnya untuk membantu meningkatkan kualitas artikel, walau menurut penuturan Poulter, konten di Wikipedia sebetulnya banyak yang kualitasnya sudah tinggi.

Namun dalam skala besar, peran mereka belum diikutsertakan. Alex Bateman, seorang ilmuwan dari European Bioinformatics Institute (EBI) di Hinxton, Inggris, berharap para ilmuwan bisa merasa nyaman untuk menyunting artikel di Wikipedia.

"Kebanyakan artikel berkembang secara teratur dari kalimat per kalimat. Tentu berbeda dari penulisan makalah akademis," kata Bateman.

Seiring mereka sudi untuk menyisihkan waktu demi menyunting artikel Wikipedia, Poulter meyakini nantinya akan ada semacam diskusi yang berjalan di dalam komunitas riset tersebut.


sumber : cnn

Related

Teknologi 8893554444774262837

Posting Komentar

emo-but-icon

Total Pageviews

Statistik

item