Internet dan Game apakah bagus untuk perkembangan anak ?

itahnews - Di era globalisasi yang serba canggih ini, teknologi sudah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang. Bukan hanya orang dewa...



itahnews - Di era globalisasi yang serba canggih ini, teknologi sudah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang. Bukan hanya orang dewasa yang menggunakannya, anak - anak pun sudah mulai menggunakannya dalam kehidupan sehari - hari. Teknologi seperti sosial media, game online maupun sekedar berselancar diinternet sudah menjadi kegiatan harian. Namun apakah hal ini bagus untuk perkembangan anak kita ?

Seorang akademisi dari Universitas Oxford Susan Greenfield memperingatkan bahwa teknologi, media sosial, video game merusak perkembangan otak. Dalam buku terbarunya Mind Change ia menautkan rentang perhatian yang pendek dan isolasi sosial bahkan autisme dengan munculnya internet. Susan juga telah mempromosikan bahwa penggunaan internet dan game online dapat memiliki efek yang merugikan pada otak, emosi dan perilaku.

Namun pendapat susan ini banyak di kritik oleh orang - orang, pasalnya dia tidak pernah memenuhi undangan untuk mempublikasikan klaim ini dalam peer review literatur ilmiah dimana peneliti klinis dapat memeriksa seberapa baik klaim didukung oleh bukti.

memang banyak artikel - artikel yang melaporkan bahwa game dapat membantu otak anak berkembang dengan baik dan media sosial juga memudahkan remaja membangun kelompok untuk belajar.

Satu hal yang patut dilihat bahwa internet dan game komputer memang memiliki sisi negatif jika digunakan terlalu banyak apalagi oleh anak-anak. Namun sampai di mana dampak negatif dari internet dan game komputer tersebut, apakah sangat merusak atau apakah hanya dampak kecil tentu terlebih dahulu harus ditemukan dengan penelitian ilmiah.

Untuk menyiasati hal ini peran orang tua sangatlah diperlukan dalam megawasi anaknya pada saat menggunakan internet dan memberikan penjelasan mengenai hal baik dan buruk yang di dapat dari internet.

Related

Teknologi 463523297022164104

Posting Komentar

emo-but-icon

Total Pageviews

Statistik

item