Mitos atau Fakta Khasiat dari Minyak Zaitun




itahnews - Minyak Zaitun adalah minyak yang diperoleh dari buah yang berasal dari pohon zaitun (Olea Europaea). Tanaman Zaitun ini sendiri banyak ditemukan di kawasan Mediterania seperti di timur Tengah, Italia, Spanyol Yunani dan negara di sekitarnya. Khasiatnya bagi kesehatan sudah dikenal sejak zaman dahulu. Tapi di balik khasiatnya ada beberapa mitos dan fakta nya. Apa saja mitos dan faktanya ? Silahkan simak di mari.

Mitos : Semua Minyak Zaitun Sama
Fakta : Minyak Zaitun hadir dalam versi murni, ekstra murni dan ringan. Murni berarti bahwa tidak ada bahan kimia yang digunakan dalam proses pengambilan minyak dari buah. Ekstra murni berarti bahwa minyak zaitun telah melalui beberapa tes untuk mengkonfirmasi rasa dan memverifikasi bahwa minyak terbebas dari bahan berbahaya. Minyak zaitun yang ringan bukanlah minyak zaitun yang murni, maksudnya adalah minyak zaitun yang ringan ini berasal dari campuran kulit buah zaitun yang ketika minyak zaitun diekstrak dari buah menggunakan bahan kimia dan dicampur dengan minyak zaitun.

Mitos :  Zaitun Merupakan Buah
Fakta : Zaitun memang merupakan buah. Zaitun ini merupakan buah yang sangat pahit dan hampir tidak termakan. Untuk mendapatkan rasa yang luar biasa, buah zaitun direndam di dalam air garam atau minyak.

Mitos : Semua Minyak Zaitun Memiliki Kandungan Lemak Tinggi
Fakta : Ada dua macam jenis lemak dalam bahan makanan, yakni lemak baik atau lemak tak jenuh dan lemak jahat atau lemak jenuh. Nah, minyak zaitun sendiri termasuk dalam kategori lemak tak jenuh dan merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal maupun ganda. Lemak seperti ini baik untuk jantung karena mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh. Apabila di konsumsi secara teratur maka akan dapat menurunkan oksidasi dan kolesterol jahat (LDL). Konsumsi minyak ini juga tidak akan membuat Anda gemuk dan tidak merusak sirkulasi darah.


Mitos : Minyak Zaitun Tidak Memiliki Nutrisi dan Vitamin
Fakta : Sebenarnya minyak ini kaya akan vitamin A, E, B1, B2, C, D dan zat besi. Vitamin E dan asam lemak nya mampu membantu melembabkan kulit dan mencegah keriput. Jadi, selain baik untuk kesehatan, baik juga untuk penampilan kulit Anda.


Mitos : Minyak Zaitun Sulit Dicerna
Fakta : Tidak semua minyak bisa dicerna, tetapi lain halnya buat minyak zaitun. Minyak zaitun ini memiliki kandungan kalori rendah serta lemak tak jenuh yang membuatnya mengalir keluar masuk saluran pencernaan, sehingga pergerakan usus Anda terbantu karena minyak zaitun.

Mitos : Minyak Zaitun Harus di Dinginkan
Fakta : Ya ini hanya mitos. karena jika di dinginkan atau menyimpannya di lemari es maka akan dapat merusak konsistensi dan rasa minyak. Minyak zaitun nya justru akan dapat mengkristal dan berbentuk padat.  Minyak zaitun akan sangat aman jika disimpan pada suhu kamar selama setidaknya dua tahun. Di sarankan untuk menyimpannya di lokasi yang tidak terkena sinar matahari. Minyak zaitu akan menghasilkan rasa yang lebih baik dalam dua bulan pertama.

Mitos : Minyak Zaitun Hanya Untuk Makanan
Fakta : Seperti paparan di atas, kandungan minyak zaitun ini memiliki manfaat untuk kecantikan. Dengan mengonsumsi dan mengoleskannya kulit akan menjadi lebih bercahaya dan mengkilap. Minyak zaitun ini juga bisa digunakan untuk merawat batu mulia kesayangan anda.

       Ya begitulah sederetan khasiat dan penjelasan mitos atau fakta dari minyak zaitun. Meski banyak khasiat baik dari minyak zaitun ini, alangkah lebih baiknya jangan digunakan berlebihan, karena hal-hal yang berlebihan itu tidak baik.

Related

kesehatan 336767837837753353

Posting Komentar

emo-but-icon

Total Pageviews

Statistik

item