Penyimpanan Cloud, perlukah bagi kita ?

Ilustrasi Penyimpanan Cloud itahnews - Pada zaman yang serba modern seperti sekarang ini disadari atau tidak, data merupakan hal yang...

Ilustrasi Penyimpanan Cloud

itahnews - Pada zaman yang serba modern seperti sekarang ini disadari atau tidak, data merupakan hal yang tidak terlepas dari kehidupan sehari - hari. Data seperti foto, video, lagu, film, atau apapun itu bentuknya merupakan data yang pasti kita miliki. Data tersebut biasanya kita simpan di PC, Smartphone ataupun tablet, namun kebanyakan orang juga memilih menggunakan CD, DVD, Harddisk External sampai Flashdisk untuk melakukan peyimpanan data.

Memang banyak media penyimpanan fisik yang bisa kita jadikan pilihan untuk menyimpan data yang kita miliki, tergantung kebutuhan masing - masing. Namun yang menjadi kekurangannya adalah kadang kita lupa memperkirakan sudah tuanya media penyimpanan kita atau jika media penyimpanan kita terjatuh dan tergores yang bisa menyebabkan data tidak bisa diakses lagi.

Lalu bagaimana cara kita mengatasi hal tersebut ? yaitu dengan menyimpan data kita di cloud (awan). Dengan adanya media penyimpanan cloud ini akan memudahkan kita mengakses data dimanapun dan kapanpun kita berada. Sudah banyak saat ini website penyedia layanan penyimpanan cloud seperti, Onedrive, Google Drive, Mega, Dropbox dan masih banyak yang lainnya lagi yang memberikan penyimpanan gratis mulai dari 1 GB sampai 50 GB. Jika dirasa masih kurang, maka anda bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan cara membayar biaya penambahan pada website yang bersangkutan dengan harga yang berbeda - beda tentunya.

Jika masih ada yang meragukan keamanan dari penyimpanan cloud, maka pastikan website yang akan digunakan sebagai media penyimpanan cloud sudah memiliki ISO 27001 dan memiliki SLA untuk menjamin kerahasiaan data anda. Menurut lansiran dari chip.co.id, Trend Micro Incorporated perusahaan yang menyediakan fasilitas cloud security memberikan tips bagi pengguna cloud agar setiap pengguna merasa aman untuk bertukar informasi digital, antara lain :


  • Selalu melakukan update pada aplikasi anda
  • Menggunakan layanan cloud yang secara otomatis mengenkripsi data yang anda upload
  • Jangan membuka link atau membuka attachment (lampiran) dari email yang tidak dikenal atau mencurigakan 
  • Menggunakan program kemanan untuk perangkat anda
  • Meningkatkan kerumitan password anda
  • Melakukan Back-up data pada perangkat anda 
Jadi, jika anda tertarik menggunakan penyimpanan cloud ini cobalah untuk mulai menyimpannnya di website yang anda rasa aman.

Related

Teknologi 3353559045189140963

Posting Komentar

emo-but-icon

Total Pageviews

Statistik

item