4 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Olahraga

itahnews - Akhir pekan memang waktu yang sangat tepat untuk berolahraga, olahraga Jogging atau berjalan mengelilingi komplek perumah...




itahnews - Akhir pekan memang waktu yang sangat tepat untuk berolahraga, olahraga Jogging atau berjalan mengelilingi komplek perumahan sudah cukup untuk meregangkan badan yang kaku setelah bekerja.

Namun apa yang harus dilakukan setelah kita selesai berolahraga ? banyak orang yang tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah olahraga, ada yang langsung mandi atau melakukan kegiatan lainnya. Hal ini tidak tepat dilakukan setelah kita berolahraga.

Apa yang kita lakukan dalam kurun waktu beberapa menit setelah berolahraga itu sangat mempengaruhi tingkat stres, kekuatan tubuh, ketahanan tubuh, dan kondisi pikiran kita di sisa hari tersebut. Supaya bisa mendapatkan hasil maksimal dari olahraga Anda, Anda sebaiknya melakukan empat hal ini setelah berolahraga.



1. Melakukan Pendinginan

Tahap pertama setelah selesai berolahraga, lakukan pendinginan pada tubuh. Pendinginan bertujuan untuk melemaskan otot sekaligus menurunkan detak jantung dan mengurangi peradangan. Selaiin itu pendinginan juga dapat membantu tubuh kita menghindari rasa capek yang berlebihan setelah selesai berolahraga.

Pendinginan bisa dilakukan dengan cara sedikit menurunkan intensitas latihan. Ketika Anda telah selesai berolahraga, sebaiknya Anda berlari-lari kecil hingga kemudian berjalan selama lima menit. Cara ini akan membuat otot Anda yang semula kaku menjadi rileks dan juga akan membuat detak jantung menjadi stabil sehingga kemudian membuat keadaan untuk Anda menjadi normal kembali.

2. Merilekskan Diri

Setelah melakukan pendinginan, cobalah untuk merilekskan tubuh sebelum melakukan ativitas lainnya. Lakukan hal sederhana seperti duduk dikursi dan luruskan kaki untuk merileksan tubuh anda selama 15 - 20 menit sebelum beraktivitas

Langsung beraktivitas setelah berolahraga tanpa melakukan tahap kedua ini sangatlah tidak baik untuk tubuh, karena akan membuat tubuh cepat merasa lelah dan membuat suasana hati tidak nyaman dan akhirnya akan mempengaruhi kegiatan yang dilakukan.

3. Minum Ait Putih yang Cukup

Pada saat berolahraga tubuh kita akan kekurangan cairan dan zat - zat penting lainnya yang harus segera diisi kembali setelah olahraga. Meminum air putib juga dilakukan sesekali pada saat kita berolahraga, tapi yang harus diingat adalah jaga kondisi tubuh untuk tetap berada dalam kondisi terdehidrasi yang cukup setelah olahraga.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Saat berolahraga tubuh akan menggunakan energi yang tersedia dari cadangan karbohidrat yang ada dan menbuat otot di tubuh bekerja keras. Tanpa mengisi ulang tubuh dengan makanan yang tepat tubuh kita bisa rusak dan mengakibatkan gampang sakit setelah olahraga. Sebagian besar ahli diet merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan sehat dalam kurun waktu 90 menit setelah olahraga.

Nah, setelah melakukan keempat hal diatas maka anda akan merasakan manfaat dari olahraga itu sendiri.    

Related

kesehatan 182779935666107301

Posting Komentar

emo-but-icon

Total Pageviews

Statistik

item