5G Muncul WiFi Gratis Hilang



Itahnews - Jaringan internet bergerak generasi kelima atau 5G mungkin masih dalam tahap ujicoba. Nantinya bila sudah diadopsi secara luas, bukan tidak mungkin akan menjadi akhir dari layanan WiFi gratis.

Dikutip dari situs Motherboard, seluruh jasa tanpa kabel pada akhirnya akan menjadi komunitas terpadu dimana WiFi, seluler, dan tiap milimeter dari pita gelombang terintegrasi dengan layanan 5G.

"Jaringan 5G itu penggabung dan fusi dari segala jenis teknologi. Kita tidak akan lagi bertanya-tanya, sudahkah saya terhubung ke WiFi? Sudahkah saya terhubung melalui 4G? Haruskah saya mengirimnya melalui Bluetooth? Ketiga hal itu akan terjadi dengan sendirinya seperti sihir."



Pada presentasi Ericsson Mobility Report, Selasa (16/6/2015), Hardyana Syintawati selaku VP Marketing & Communication Ericsson Indonesia, menjelaskan bahwa tahun 2020 merupakan momen dimana Network Society akan berkembang secara pesat.

Nantinya, masyarakat akan mendapatkan keuntungan maksimum dari penggunaan teknologi selular, tak hanya lewat smartphone, namun perangkat canggih lainnya yang dapat menggunakan akses koneksi, khususnya 5G.

Seperti yang diketahui, teknologi 5G tidak hanya akan meningkat secara signifikan dari sisi kecepatannya, melainkan juga lebih cerdas. Kecerdasan yang ada di jaringan ini akan membuat tren internet of things (IoT) bakal membuat kehidupan manusia lebih baik karena setiap perangkat akan dapat saling 'berbicara' satu sama lain.

Pada tahun 2020, diperkirakan sebanyak 50 miliar hal akan terhubung satu sama lain: mobil-mobil yang berkendara sendiri, lampu lalu lintas, jaringan sensor kota, kamera drone pribadi, dan banyak hal lainnya.

Jika ingin berjalan dengan selaras, maka hal-hal tersebut harus terhubung dan terintegrasi satu sama lain, dan 5G lah solusi yang akan menggabungkan seluruh jaringan tersebut.

Tentu saja proses pengintegrasian tersebut tidak terjadi secara cuma-cuma. Para pengguna 5G nantinya akan dipungut bayaran untuk setiap paket data yang mereka kirim atau mereka terima sehingga pada akhirnya 'internet gratis' tidak akan ada lagi di kalangan masyarakat.

Meskipun 5G dapat diakses semua orang, semua penggunanya juga diharuskan membayar untuk setiap paket data yang mereka gunakan.

Related

Teknologi 534423274262207357

Posting Komentar

emo-but-icon

Total Pageviews

Statistik

item