Kabut Asap Tutupi Sungai Kahayan



itahnews - Kabut asap yang menyelimuti Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dampak dari kebakaran hutan dan lahan di Bumi Tambun Bungai mengakibatkan Sungai Kahayan tertutup kabut asap.

Lalulintas Jalur Sungai juga terganggu‎ akibat tebalnya kabut asap. dan jarak pandang makin pendek.
Akibatnya para pengguna jasa angkutan sungai selama kabut asap. tebal, tidak bisa menggunakan jasa kelotok maupun kapal angkutan barang.

Pasalnya, ketika sungai kering dan berkabut asap. tebal, motoris kelotok maupun nahkoda kapal enggan berlayar, mereka takut kapal kandas di tengah perjalanan maupun akibat kabut tebal, rawan kecelakaan.
 
"Ya memang banyak kapal angkutan barang dan kelotok yang bisa melayani penyeberangan memilih tidak operasional selama kabut asap. tebal dan sungai mengering." kata Sugianoor, Anggota DPRD Palangkaraya yang tinggal di bantaran Sungai Kahayan, kawasan Flamboyan, Kamis (10/9/2015).


Dia mengatakan, sementara ini angkutan sungai masih terganggu, namun jika kondisi asap menipis, para nahkoda kapal maupun kelotok tetap menjalankan aktivitasnya. "Fluktuatif saja, jika berkabut mereka istirahat, jika asap tipis mereka tetap operasional." katanya.

sumber : tribun

Related

kalteng 2332985604754825875

Posting Komentar

emo-but-icon

Total Pageviews

Statistik

item