Propaganda Korea utara Lewat Girl Band

Itahnews - Moranbong, kelompok musik perempuan atau dikenal dengan sebutan girl band, merupakan salah satu bentuk propaganda baru Korea...




Itahnews - Moranbong, kelompok musik perempuan atau dikenal dengan sebutan girl band, merupakan salah satu bentuk propaganda baru Korea Utara terhadap warganya. Propaganda ini diakui lebih modern dibandingkan sebelumnya, dan diharapkan dapat memberikan keuntungan politik bagi Korea Utara.

Situs Cnnindonesia.com melaporkan, ternyata negara yang terkenal tertutup ini juga mempunyai girlband yang terdiri dari beberapa perempuan, diberi nama Moranbong. Meski jauh dari girlband asal Korea Selatan yang kini digandrungi remaja-remaja Asia, seperti Girls Generation dan 2NE1, namun Moranbong tetap menawarkan lagu yang menggugah semangat.



Namun, lagu-lagu yang dilantunkan girl band ini terbilang anti-mainstream. Karena lagu-lagu mereka rata-rata berupa lagu patriotik dan sosialis. Bahkan, setiap pentas malam Moranbong selalu membawakan “anthem” dari Partai Buruh. Tak heran jika Moranbong dikenal sebagai corong diktator Kim Jong-un.

Moranbong mempunyai lagu berjudul Mari Belajar dengan lirik yang mengajak untuk membangun bangsa. Berikut lirik Mari Belajar, ‘Mari kita belajar untuk negara kita. Waktu berlalu tanpa istirahat, jadi mari kita menggunakan waktu itu. Mari kita belajar untuk negara kita. Mari kita belajar untuk masa depan kita. Mari kita membuat sebuah surga melalui cara kami. Mari kita belajar untuk negara kita. Pengetahuan adalah kekuatan. Mari kita bergairah dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mari kita belajar untuk negara kita. Mari kita belajar untuk masa depan kita. Mari kita membuat sebuah surga melalui cara kita.’

Tujuh penyanyi cantik dalam band itu bahkan disebut-sebut dipilih oleh Kim Jong-un. Moranbong girl band asal Pyongyang ini kerap tampil di kota-kota perbatasan China. Mereka menyuguhkan hiburan di restoran-restoran Korut. Tak sekedar menyuguhkan hiburan, tujuh penyanyi cantik itu sejatinya jadi alat dilplomasi Korut yang terisolasi.

Mau lihat bagaimana Moranbong beraksi. Lihat videonya di bawah.

 



Related

selebritis 5995905038389191802

Posting Komentar

emo-but-icon

Total Pageviews

Statistik

item