Tinjauan Bisnis dan Pasar di Indonesia

EKONOMI. Indonesia adalah ekonomi berbasis pasar tetapi pemerintah memainkan peran penting dalam perekonomian negara dengan 160 perusahaan milik pemerintah. PDB Indonesia per kapita menempati urutan kelima setelah Singapura, Brunei, Malaysia dan Thailand. Krisis ekonomi Asia tahun 1997 berdampak buruk terhadap ekonomi dan bisnis negara dan menyebabkan kenaikan harga kebutuhan yang mengakibatkan keresahan sosial. Prospek masa depan ekonomi Indonesia yang cerah dengan reformasi struktural ekonomi yang ditempatkan sejak krisis ekonomi Asia.

PDB Indonesia adalah US% 24258,3 miliar dengan PDB per kapita AS sebesar 241,193 pada tahun 2004. PDB riil Indonesia tumbuh rata-rata 4,6% setiap tahun dari tahun 2000 hingga 2004 yang didorong oleh konsumsi domestik yang menyumbang hampir tiga perempat dari PDB Indonesia. Inflasi meningkat dari 3,8% pada tahun 2000 menjadi 11,9% pada tahun 2002 tetapi akhirnya menurun menjadi 6,1% pada tahun 2004. PDB per kapita meningkat dari US% 24801 pada tahun 2000 menjadi AS% 241.193 pada tahun 2004 tetapi pengangguran juga meningkat dari 6,1% menjadi 9,9% selama periode tersebut .

Sektor manufaktur berkontribusi terhadap 43,7% dari PDB Indonesia pada tahun 2004 sementara sektor jasa berkontribusi 40,9%. Meskipun hampir 45,0% tenaga kerja negara terlibat dalam pertanian, sektor ini hanya berkontribusi 15,4% dari PDB negara selama periode tersebut. Industri-industri utama termasuk minyak bumi dan gas alam, tekstil, pakaian jadi, alas kaki, pertambangan, semen, pupuk kimia, kayu lapis, karet, makanan dan pariwisata. Produk pertanian utama termasuk beras, kelapa sawit, karet, kakao, kacang tanah, kopra dan cengkeh.

DEMOGRAFI. Indonesia terdiri dari hampir 18.000 pulau dan memiliki populasi terbesar di antara negara-negara Asia Tenggara dengan 217 juta orang pada tahun 2004. Pulau-pulau utama adalah Jawa akuntansi untuk 55% dari populasi diikuti oleh Sumatera (18%), Kalimatan (5%) dan Sulawesi (6 %). Pulau-pulau yang kurang penduduk lainnya termasuk Irian Jaya, Bali dan Nusa Tenggara.

Indonesia adalah negara dengan beragam etnis dan komunitas sub-etnis dengan bahasa, dialek, budaya, dan makanan yang berbeda. Akun Jawa untuk 45% dari populasi diikuti oleh Sunda (14%) dan Madura (8%) dan Melayu pesisir (8%). Orang Cina yang bermigrasi ke Indonesia selama periode kolonial Belanda mencapai hampir 5% populasi. Islam adalah agama yang dominan diikuti oleh agama Kristen dan minoritas termasuk agama Budha dan Hindu. Bahasa nasional adalah Bahasa Indonesia (mirip dengan bahasa Melayu yang digunakan di Malaysia, Singapura dan Brunei). Bahasa Inggris tidak banyak digunakan tetapi banyak bisnis dan pejabat pemerintah yang berurusan dengan perusahaan asing dan orang asing fasih berbahasa Inggris.

Lebih dari separuh penduduk tinggal di daerah pedesaan tetapi proporsi penduduk perkotaan meningkat dari 36,0% pada tahun 1995 menjadi 45,0% pada tahun 2004. Kota-kota besar termasuk Jakarta dengan populasi 10 juta diikuti oleh Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta , Surakarta, Medan dan Padang.
Hampir 25% dari populasi hidup di bawah tingkat kemiskinan sementara 60% lainnya berasal dari kelompok berpendapatan rendah. 10% sisanya termasuk ke dalam pendapatan menengah dan 5% pada kelompok berpenghasilan tinggi. Meskipun Indonesia memiliki proporsi yang relatif kecil dari konsumen berpenghasilan menengah ke atas, ini setara dengan hampir 33 juta konsumen. Ini lebih dari 4,3 juta penduduk Singapura dengan PDB per kapita setara dengan banyak negara maju Uni Eropa.

INFRASTRUKTUR. Sistem telekomunikasi domestik Indonesia umumnya adil sementara layanan internasionalnya dapat dikategorikan baik. Layanan broadband internet terutama terkonsentrasi di kota-kota besar. Sistem jalan lebih dikembangkan di pulau Jawa yang berpenduduk di Indonesia, cukup berkembang di Sumatra dan Sulawesi tetapi kurang berkembang di pulau Kalimantan. Selain pelabuhan laut yang melayani jalur pelayaran internasional, Indonesia juga dilayani oleh pelabuhan-pelabuhan kecil yang melayani pelayaran pesisir. Semua kota dan kota besar terhubung oleh layanan penerbangan.

PERDAGANGAN INTERNASIONAL. Mitra dagang utama Indonesia termasuk Jepang, AS, Singapura, Korea Selatan dan Cina. Sebagian besar impor dari Singapura adalah ekspor ulang Singapura dari negara lain dan ekspor ke Singapura diekspor kembali ke negara lain. Ekspor utama dari Indonesia termasuk minyak dan gas, peralatan listrik, kayu lapis, tekstil dan produk karet. Impor utama termasuk mesin dan peralatan, peralatan transportasi, bahan kimia, bahan bakar dan makanan.

PENGGUNAAN KONSUMEN TEKNOLOGI. Penetrasi ponsel hanya 13% dari populasi, yang lebih rendah dari Singapura (93%), Malaysia (67%) dan Thailand (45%). Selain itu, hanya ada 10 juta telepon fixed-line yang melayani seluruh negeri. Penetrasi komputer kurang dari 2% rumah tangga dan negara hanya memiliki 1,2 juta pelanggan internetsekitar 12 juta pengguna internet, yaitu hanya 0,5% dari populasi. Sebagian besar rumah menengah dan berpenghasilan tinggi akan memiliki televisi tetapi penetrasi di rumah berpenghasilan rendah lebih rendah. Jadi penetrasi televisi rumah tangga di Jawa hampir 60% dan di Sumatera 52%. Skenario serupa ada untuk lemari es.

PASAR RETAIL. Penjualan eceran barang-barang makanan dan non-makanan mencapai sekitar US% 2432 miliar pada tahun 2004. Banyak orang Indonesia yang masih berbelanja di pasar tradisional atau pendirian "ibu dan pop" tetapi berbelanja di mal-mal modern, hypermarket, supermarket, minimarket, dan pasar swalayan. semakin populer. Ada hampir 5.000 perusahaan modern di Indonesia yang menguasai US% 244,5 milyar dalam penjualan ritel pada tahun 2004. Sebagian besar perusahaan ini terkonsentrasi di pulau Jawa yang diikuti oleh Sumatra. Sejak 1998, pemerintah membuka industri ritel untuk investasi dan partisipasi asing.

BUDAYA MAKANAN. Budaya makanan Indonesia beragam karena berbagai etnis dan komunitas sub-etnis yang terdiri dari penduduk negara itu. Makanan khas yang dimakan adalah hidangan berbasis nasi dan kadang-kadang mie. Namun, ada banyak gerai makanan cepat saji waralaba Barat yang terletak terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Yogyakarta. Gerai-gerai roti kelas menengah hingga high-end yang melayani toko roti barat dan lokal juga ditemukan di kota-kota besar.

Related

indonesia 6854429567897605570

Posting Komentar

emo-but-icon

Total Pageviews

Statistik

item